alvian-cs blog

Arti Lagu Epic Rap Battles of History: Adolf Hitler VS Darth Vader

Arti Lagu Epic Rap Battles of History: Adolf Hitler VS Darth Vader


Anda pasti sudah tahu kan tentang ERB (Epic Rap Battles of History). Dibawah ini adalah arti dari lagu Epic Rap Battles of History, Darth Vader VS Adolf Hitler. Pada lagu tersebut, Darth Vader yang diperankan Nice Peter dan Adolf Hitler diperankan oleh Epic Lloyd tampil dalam sebuah battle rap. Pada battle rap tersebut, mereka saling beradu argumen yang mana mengandung unsur penghinaan.
Darth Vader
Perhatian: Lirik lagu berikut mengandung kalimat dan ucapan yang bersifat sarkastik (merendahkan, menghina dan melecehkan).
Adolf Hitler adalah seorang pemimpin dan diktator Nazi dari Jerman yang sangat terkenal akan kejahatannya di Perang Dunia ke-II. Sedangkan Darth Vader adalah seorang tokoh fiksi antagonis di film Star Wars.
Adolf Hitler
Jika anda belum pernah menonton video-nya, anda dapat menontonnya disini di channel YouTube ERB. Berikut ini adalah lirik lagu beserta penjelasan maknanya:

Adolf Hitler:

I am Adolf Hitler: Commander of the Third Reich!
Aku adalah Adolf Hitler: Komandan "Third Reich"!

(Third Reich adalah nama resmi dari rezin Nazi, sebuah rezim dimana Hitler terkenal dan berkuasa di Jerman.)

Little known fact: also dope on the mic!
Sedikit fakta tentangku: aku pandai dalam menggunakan mikrofon

(Hitler memiliki kemampuan persuasi yang tinggi lewat orasinya. Dia mampu merubah berpidato dengan baik dan lantang di depan masyarakatnya. Dan disini, dia berniat menggunakan keterampilan pidatonya untuk nge-rap.)

You are Vader, with your little boots and cape,
Kau itu Vader, dengan sepatu dan mantel kecilmu,

(Vader memakai mantel dan sepatu gelap. Hitler menghina Vader, dan menyarankan untuk tidak usah berani melawan dirinya.)

And helmet to cover up that burnt-ass face!
Dan helm yang menutupi wajah gosong-mu!

(Bagian yang paling mencolok dari kostum yang dikenakan Vader adalah helm-nya, yang mana menutupi wajah gosongnya akibat pertarungan di planet Mustafar melawan Obi-Wan Kenobi. George Lucas, sutradara Star Wars, juga mengklaim bahwa desain helm yang digunakan oleh Vader terinspirasi dari helm yang digunakan Nazi pada zamannya.)

You have the force to move objects. I am a force truly evil!
Kau memiliki kemampuan memindahkan barang. Aku-lah pasukan yang jahat sesungguhnya!

("The Force" disini adalah nama kemampuan yang ada di Star Wars saga, dimana penggunanya dapat mengatur dan menggerakkan benda apapun di bumi. Vader juga dapat memanipulasi benda agar mampu bergerak sesuai kehendaknya. Sedangkan Hitler tokoh yang dikenal sebagai pemimpin paling jahat dalam sejarah. Dia mencoba mengatakkan bahwa dirinya lebih jahat dibandingkan Vader.

Even went back in time and turned you whack in the prequel
Bahkan ketika aku kembali ke masa lampau, pada prequel sebelumnya, aku rubah dirimu menjadi tolol.

(Anakin Skywalker, yang memerankan Vader di prequel Star Wars trilogy, sering dianggap memiliki dialog yang sangat buruk. Sehingga, Hitler mengatakan bahwa untuk dialah yang membuat segalanya menjadi buruk ketika kembali ke era-nya Vader.)

'Cause look at you! You're not even a real person!
Lihatlah dirimu! Bahkan kau tak nampak seperti seorang manusia!

(Bait ini merujuk pada salah satu dialog pada Star Wars Episode VI: Return of the Jedi, dimana Vader dipanggil sebagai "more machine than man" yang berarti "lebih kemesin-mesinan dari sekedar manusia". Selain itu, hal ini dapat diartikan bahwa Darth Vader hanyalah karakter fiksi, dan bukanlah manusia asli (real person).

I preferred you in Spaceballs: the Rick Moranis version!
Aku lebih suka dirimu di film Spaceballs: versi-nya Rick Moranis!

(Karakter Vader diparodikan dalam film Spaceballs bersamaan dengan karakter Star Wars yang lainnya. Di film tersebut, karakter Vader bernama Dark Helmet, yang dimainkan oleh Rick Moranis, seorang aktor Yahudi. Sedangkan pada rezim Nazi, Hitler sendiri sering menyiksa dan membunuh kaum Yahudi, dan di sisi lain, dia mengatakan bahwa dirinya lebih suka Vader yang ada di film Spaceballs, karena terlihat norak dan culun.)

Darth Vader:

You can't rhyme against the dark side of the Force. Why even bother?
Kau takkan bisa bersajak melawan pasukan kegelapan. Kenapa masih mau mencoba?

(Dalam cerita, Vader mengikuti pasukan kegelapan (dark side of the Force). Dan pada bait ini, Vader menyiratkan bahwa sajak yang dilantunkan oleh Hitler tidak ada apa-apanya melawan Vader, maka dia menyarankan untuk tidak usah mencoba.)

So many dudes been with your mom, who even knows if I'm your father?

Banyak lelaki yang pernah 'main' dengan ibumu, siapa yang akan mengira jika ternyata aku ini ayahmu?

(Bait ini merupakan sebuah sindiran yang pernah dikatakan pada Luke Skywalker, "No, I am your father" (Tidak, aku adalah ayahmu). Dia juga menyebut bahwa ibunya Hitler adalah seorang pelacur. Dia mengatakan bahwa mungkin dia pernah 'dengan' ibunya.)

You're a pissed off little prick with a Napoleon d*ck.
Kau itu tempramental dan orang kecil yang dungu dengan pen*s-nya Napoleon.

(Vader mencoba mengatakan bahwa Hitler adalah orang yang pemarah dan menyebalkan. Disini dia juga menyebutkan Napoleon Bonaparte, yang notabene seorang diktator Prancis dan memiliki peran mirip seperti Hitler sekaligus pernah menguasai Eropa, juga sering dianggap memiliki tubuh yang kecil tidak sesuai rata-rata, jadi dia mengatakan bahwa Hitler juga memiliki pen*s yang kecil. Selain itu disebutkan bahwa Napoleon hanya memiliki satu testis, dan Hitler dirumorkan demikian pula.)

You call that a mustache? I call that Dirty Sanchez on your lip.
Kau menyebut itu kumis? Aku lebih suka menyebut itu sebagai "Dirty Sanchez" di bibirmu.

(Hitler terkenal dengan kumisnya yang unik. Sedangkan Dirty Sanchez adalah sebuah perilaku seksual dimana dia mengoleskan feses di bibir bagian atas si pasangan. Sehingga Vader menghina Hitler bahwa kumisnya seperti 'feses/tahi' yang diletakkan diatas bibirnya.)

You b*tch, let me remind you who you're messing with.
Kau anj*ng, akan kuberitahu dengan siapa kau sedang berhadapan.

(Vader mencoba memberitahu Hitler bahwa dia melawan orang yang salah)

Everything that you did, I'm the motherf*cker who invented it.
Apapun yang kau lakukan, aku adalah si bajingan yang menciptakannya.

(Seting waktu Star Wars diambil ketika masa sebelum rezim Hitler (jutaan tahun yang lalu di sebuah galaksi yang sangat jauh). Disini Vader juga mengatakkan bahwa kejahatan yang dilakukan oleh Hitler adalah ciptaan Vader pada zaman dahulu.)

I'm the original Dark Lord. You're like the sorcerer's apprentice.
Aku adalah Raja Kegelapan yang sebenarnya. Kau seperti murid penyihir.

(Vader adalah tokoh jahat pertama yang dipanggil "Dark Lord". Apprentice (murid) adalah istilah dalam Star Wars yang sedang belajar ingin menjadi "lord", seperti halnya "Dark Lord" yang disebutkan pada bait diatas. Bait tersebut juga merujuk pada The Sorcerer's Apprentice, sebuah gerakan dari serial Disney's Fantasia dimana Mickey Mouse menjadi tokoh yang ceroboh, memiliki rasa penasaran tinggi, dan memiliki imajinasi yang liar ketika tuan-nya sedang tidak ada di kastil. Disini Vader mengatai Hitler sebagai orang yang bodoh juga ceroboh (Dan kemudian entah sengaja atau tidak, Star Wars saga akhirnya dibeli oleh Disney.) Ada juga kemungkinan bahwa bait tersebut merujuk pada quote dari Yoda di Star Wars Episode I: The Phantom Menace, dimana dia mengatakan bahwa selalu ada dua Siths: seorang master dan murid-nya. Vader menyebut Hitler sebagai 'murid'. Selain itu, juga bisa merujuk kepada Dark Lord di Harry Potter, Lord Voldemort. Vader mengatakan bahwa dialah Dark Lord yang sesungguhnya (master), sedangkan Hitler hanyalah seorang muda, dan masih belajar menjadi jahat (apprentice).

My Stormtroopers make yours look like someone took a piece of shit and cloned it.
Pasukanku membuat pasukanmu nampak seperti orang yang mengambil tahi dan kemudian mengkloningkan-nya.

(Vader dan Hitler sama-sama memiliki pasukan yang bernama Stormtroopers (Sturmabteilung). Namun, pasukan Hitler memakai seragam berwarna coklat, sehingga mereka tampak seperti 'feses' jika dibandingkan dengan pasukannya Vader yang berwarna putih. Terdapat juga kemungkinan jika ada rujukkan di Star Wars: The Clone Wars, dimana pemerintah mulai menerapkan kloning pada pasukannya.)

Adolf Hitler:

You stink, Vader. Your style smells something sour.
Kau bau, Vader. Gayamu bau asem.

(Hitler menghina Vader bahwa rap-nya sangat buruk, dan dia mengejek bahwa gayanya juga "bau")

You need to wash up, dawg. Here, step in my shower!

Kamu perlu mandi, nj*ng. Kemari, pakailah showerku!

(Salah satu senjata terkenal Third Reich adalah "gas shower" yang sering digunakan untuk membunuh tawanannya lewat gas beracun. Hitler mengejek secara halus dengan mempersilakan Vader untuk mandi, mencuci gaya rap-nya di gas shower, yang mana justru akan terbunuh oleh gas beracun.

I'll turn all your friends against you; just my speeches breed haters!
Akan kurubah semua temanmu menjadi melawan dirimu; dengan pidatoku yang melahirkan kebencian!

(Hitler berkata dia akan memberikan pidato provokasi yang dapat mengubah lawannya menjadi kawan dan balik menyerang Vader.)

What's your lightsaber VS a clan of all your white neighbors?

Bagaimana jika lightsaber melawan seluruh pasukan putihmu?

(Lighsaber adalah pedang panjang yang digunakan oleh karakter di Star Wars. Selain itu, seragam Stormtroopers Vader juga berwarna putih. Dulu Hitler menginginkan dunia didominasi oleh bangsa kulit putih, dan Vader sendiri berwarna hitam sekaligus disuarai oleh seorang dubber berkulit hitam. Pada bait tersebut, dia menyiratkan bahkan lightsaber-nya sendiri tidak akan mampu membunuh pasukannya sendiri.)

Darth Vader:

*Menghela nafas* Suck my robot balls!

Hisap testis robotku!

(Seperti yang sudah disebutkan pada bait sebelumnya, Vader dianggap sebagai "more machine than man", sehingga dia memiliki testis robotik. Dia menyuruh Hitler untuk menghisapnya sebagai tanda penghinaan terhadap dirinya.)

Now take a step back and let me freeze yours off!
Ambillah langkah mundur dan akan ku bekukan testis milikmu!

(Dia menyuruh Hitler untuk mundur dari hadapannya, sehingga dia dapat membekukan testisnya lewat kekuatannya.)

A little carbonite bath for your goose stepping ass.

Mandilah dengan sedikit karbonit untuk pantat 'angsa'-mu.

(Carbonite adalah nama benda di Star Wars yang digunakan Vader untuk membekukan manusia, seperti yang pernah dia lakukan kepada Han Solo, tapi dia masih tetap hidup setelah es tersebut dicairkan. Selain itu, Hitler dan para Nazi menggunakan gaya baris berbaris militer khusus bernama "goose stepping", dimana saat berjalan, lutut tidak ditekuk dan kaki diangkat sangat tinggi.)

We'll call my homeboy in Israel. See who got the last laugh.

Akan kami panggil temanku di Israel. Lihatlah siapa yang akan tertawa.

(Vader memanggil temannya yang berada di Israel, yaitu Stormtrooper. Israel terkenal sebagai tanah yang suci untuk kaum Yahudi dan dipopulasikan oleh mereka saat Perang Dunia ke-II. Juga terdapat kemungkinan bahwa yang dihubungi oleh Vader adalah Israelite Nazi hunter)




0 komentar:

Post a Comment

Arti Lagu Epic Rap Battles of History: Adolf Hitler VS Darth Vader Arti Lagu Epic Rap Battles of History: Adolf Hitler VS Darth Vader