alvian-cs blog

Kemiripan Tokoh Asli Serial Adit, Sopo, Jarwo

Kemiripan Tokoh Asli Serial Adit, Sopo, Jarwo

tokoh asli serial adit sopo dan jarwo

Siapa yang tidak tau film animasi 3D berjudul Adit, Sopo dan Jarwo? Akhir-akhir ini saya sering menonton animasi buatan Indonesia ini di salah satu televisi swasta pada sore hari.

Memang film animasi Adit, Sopo dan Jarwo membidik anak–anak sebagai objek penonton, namun juga bisa dinikmati oleh semua kalangan, termasuk saya (maklum anak rumahan) karena jalan ceritanya tergolong ringan dan mudah dipahami.

Berkisah tentang seorang anak bernama Adit bersama temannya, Dennis yang menjalani hari–harinya sebagai seorang anak berumur 10 tahun diselingi aksi tak terduga oleh tokoh Sopo dan Jarwo, seorang pengangguran kampung tapi sering apes dan kena omel ketua RW, Pak Haji Udin.

Namun, di akhir cerita selalu terselip pesan moral yang bisa diambil lewat tingkah nakal Sopo dan Jarwo melalui ceramah dari Pak Haji Udin.

Ada satu hal menarik yang saya perhatikan dalam serial animasi Adit, Sopo dan Jarwo, yaitu beberapa penokohannya yang memiliki kemiripan dengan artis tertentu di Indonesia.

Baik secara penampilan terlihat mirip, maupun perannya, bahkan ada artis yang sudah dikonfirmasi untuk dijadikan tokoh animasi. Mari coba kita perhatikan beberapa kemiripan tokoh asli serial Adit, Sopo dan Jarwo di bawah:

1. Pak Haji Udin dan Deddy Mizwar

tokoh asli pak haji udin dan deddy mizwar
(foto haji udin dan deddy mizwar)

Ketika menonton serial Adit, Sopo dan Jarwo, tentunya orang sudah tahu kalau terdapat kemiripan diantara keduanya, kecuali kalau orang tersebut tidak tau siapa Deddy Mizwar. Bukan secara face saja terlihat mirip, tapi suara dan perannya memang sepertinya sengaja dimiripkan.

Deddy Mizwar identik memerankan sinetron komedi religin seperti Lorong Waktu, mengenakan baju koko dan peci khasnya, mirip banget dengan tokoh Pak Haji Udin dalam serial Adit, Sopo & Jarwo.

Mungkin karena Deddy Mizwar sangat ‘ikonik’ sebagai seorang haji sehingga pihak MDEntertainment mengcameo-kan beliau sebagai salah satu tokoh inspirator religi dalam serial Adit, Sopo & Jarwo.

2. Jarwo dan Sutan Bhatoegana

tokoh asli jarwo dan sutan batugana
(foto jarwo dan sutan batugana)

Entah sengaja atau tidak, entah penilaian secara objektif atau subjektif, tapi memang kedua figur ini memiliki beberapa kemiripan. Sutan Batugana adalah seorang politisi Indonesia dan anggota DPR RI periode 2009–2014 yang akhir-akhir ini divonis ‘kotor’ dalam menjalankan tugasnya sebagai DPR karena kasus korupsi.

Mungkin secara latar belakang ‘hampir’ mirip dengan tokoh Jarwo yang kadang ‘kotor’ dalam melakukan rencananya yang sering apes. Dalam segi lainnya, seperti wajah mungkin terlihat sedikit kemiripan seperti kumis yang membentang indah terbelah dua, kulit gelap bagai cokelat valentine.

Tapi mungkin itu hanya pendapat posisional saja dan sedikit dipaksakan, jadinya bisa benar, bisa tidak, namun setidaknya mereka punya kemiripan lah, he he.

3. Madun dan Madun

tokoh asli madun
(foto madun)

Loh kok Madun dan Madun? Dari namanya aja sudah mirip, saking miripnya sampai keduanya dibaca sama (identik). Tokoh Madun dalam serial Adit, Sopo dan Jarwo sendiri sebenarnya sudah pernah ada sebelumnya dalam serial televisi lain, yaitu sinetron Tendangan Si Madun.

Di Serial Adit, Sopo dan Jarwo ini si Madun menjadi bintang tamu dan di animasikan secara resmi. Peran Madun dalam serial animasi ini sebagai seorang pemain sepak bola yang handal.

4. Cherrybelle

tokoh asli cherrybelle
(foto cherrybelle, dilansir tabloidbintang.com)

Penyanyi grup Cherrybelle juga menjadi bintang tamu secara resmi yang dipertemukan MDEntertainment dalam serial animasi Adit, Sopo dan Jarwo. Pengangkatan karakter yang dilakukan secara resmi tentu saja sudah tidak bisa diragukan lagi kemiripannya. :)

Memang mirip-mirip sekali bukan? Mungkin saja tokoh lainnya dalam serial Adit, Sopo, dan Jarwo juga punya ‘saudara kembar’ di Indonesia, tapi kita tidak tahu, atau hanya segelintir saja yang tahu.

*Update:

5. Joko Widodo


Rupanya figur Jokowi turut hadir dalam serial Adit Sopo Jarwo. Tokoh yang sangat mirip dengan Presiden Indonesia ini tampil dalam sebuah video promotional serial ini mengajak pemirsa Tanah Air untuk menonton tayangan Adit Sopo dan Jarwo.

Serial animasi Adit, Sopo, dan Jarwo patut diacungi jempol karena selain plot-nya menarik, kreatifitas dan penokohannya juga unik dan kreatif, mengandung sublimisme.

Semoga animasi tersebut bisa mengangkat Tanah Air dalam perfilman animasi dan bisa mengalahkan film animasi milik negara tetangga. :)




7 Comments

7 comments:

  1. ane jarang nonton tv gan, baru tau kartun ini 3 bulan yg lalu gak salah. bosan nonton tv sinetron mulu isi nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, sekarang isinya binatang buas doang hehehehe

      Delete
  2. bonusin faktanya skalian dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke terimakasih atas sarannya. Nanti menyusul untuk fakta-faktanya mbak. Trims.

      Delete
  3. Tokoh lainnya mirip siapa ya?. Adit, sopo,abang bakso,dll. Tolong bantu cari tau dong. Trimksh

    ReplyDelete

Kemiripan Tokoh Asli Serial Adit, Sopo, Jarwo Kemiripan Tokoh Asli Serial Adit, Sopo, Jarwo