alvian-cs blog

Cara Menggunakan Emoticon Yang Baik Dan Benar

Cara Menggunakan Emoticon Yang Baik Dan Benar

Seberapa pentingnya sih penggunaan emoticon itu? Di Facebook, Website, BBM, SMS, pengguna jejaring sosial sering sekali mengungkapkan pesan mereka agar semakin ekspresif lewat emoticon/smiley.


Tahukah anda jika emoticon bukan sekedar gambaran ekspresi wajah yang direpresentasikan sebagai komunikasi meta?

Adat dari penggunaan emoticon di media sosial sudah sangat lumrah. Seolah-olah sudah POKOK digunakan dalam suatu pesan. Ada banyak sekali jenis emoticon, tapi yang lazim digunakan hanya beberapa saja.

Berikut saya ingin memaparkan maksud dan kegunaan paling MENDASAR dari emoticon sekaligus cara menggunakan emoticon yang baik dan benar sesuai adat di cyberspace dewasa ini.

1. ":D"

Emoticon/smiley yang satu ini bernama ‘happy face’, sering sekali digunakan untuk menggambarkan mood yang CERIA.

Banyak melalui percakapannya orang menggunakan simbol ini dikarenakan selain melambangkan keceriaan juga secara eksplisit mengungkapkan bahwa yang menggunakan emoticon ini ingin terlihat ramah kepada lawan bicaranya.

Tapi dalam konteks tertentu, emoticon ini bisa digunakan dalam pembawaan pesan untuk bercanda. Emoticon ‘happy face’ sebaiknya digunakan ketika sedang melukiskan pesan yang bersifat lucu, bercandaan, atau dalam kondisi suasana ceria.

2. ":)" dan ":("

Anda pasti sudah tau ‘Smile Face’ dan ‘Sad Face’ ini. Kedua emoji ini sudah sangat wajar digunakan dalam percakapan di media. Emoticon ini pertama digunakan pada tahun 1980-an, dimana saat itu internet masih untuk kalangan terbatas saja.

Emoticon ini digunakan pertama kali dalam sebuah wacana teks yang ditulis menggunakan mesin ketik.

Dalam penggunaan emoticon yang baik dan benar, keduanya memiliki makna yang saling berlawanan. Dimana ":)" digunakan untuk menunjukkan ekspresi senyum, semangat, bahagia. Sering juga dipakai untuk melukiskan keadaan yang ‘baik-baik saja’.

Beralih dari fungsi dasarnya, pengguna jejaring sosial juga menggunakan emoticon ini pada percakapan yang bersifat ‘mendukung’ lawan bicaranya dan diletakkan di akhir pesan.

3. ":v"

Awalnya saya mengira ini simbol ‘peace’ dengan simbol dua jari. Entah ini sebenarnya bernama apa saya tidak tau, tapi lebih dikenal dengan sebutan emoticon pacman, game jadul yang dulu tersedia juga di televisi, sukanya makan jagung.

Smiley ini terkenal di era facebook. Ada yang mengatakan bahwa emoji jenis ini adalah ":D" dilihat dari samping.

Tapi, ada juga yang mengatakan ini digunakan untuk menggambarkan ‘ketidak seriusan’ dari si pengguna. Seperti kebanyakan di laman facebook meme comic, banyak yang menggunakan emoji ini untuk menanggapi lawakan-lawakan mereka.

4. ";)"

Wink atau kedipan mata, banyak yang memaknainya sebagai simbol yang mengatakan, ‘baiklah’ kepada lawan bicara. Tapi hati-hati dalam menggunakan emoji ini, karena harus selektif terhadap siapa yang diajak bicara.

Kalau dalam percakapan antara laki-laki dengan laki-laki, emoticon ini bisa mengisyaratkan aura kemahoan jika digunakan berlebihan :D

Maka dari itu, emoji ini digunakan sewajarnya saja seperti ketika anda setuju dalam suatu perjanjian dengan orang lain, gunakan emoji ini.

5. ^_^

Yah, emoji tersenyum lagi. Tapi terdapat perbedaan ketika seseorang menggunakan emoticon ini daripada ketika menggunakan ":)". Alasannya, smiley ^_^ dirasa lebih ekspresif dibanding ":)".

Ketika anda menggunakan ":)" dan ditujukan pada sesama jenis, tersirat aura kemahoan. Beda saat menggunakan emoji ^_^ , anda akan dilihat lebih terhormat.

Pada intinya, penggunaan emoji ini lebih punya POWER terhadap sesama jenis, sedangkan ":)" lebih efektif kepada lawan jenis.

Sebenarnya masih ada banyak emoticon lainnya, tapi sejauh ini yang paling POPULER adalah yang disebutkan diatas. Tapi dalam menyikapi suatu emoji, banyak orang yang berpikir beda tergantung mind-set mereka.

Penerangan di atas saya merangkum berdasarkan pengalaman saja. Yah, tapi secara mendasar, iniah cara menggunakan emoticon yang baik dan benar. (acs)




17 Comments

17 comments:

Cara Menggunakan Emoticon Yang Baik Dan Benar Cara Menggunakan Emoticon Yang Baik Dan Benar